Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

Running text

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MENIKMATI HIDANGAN YANG KAMI SAJIKAN DALAM BLOG INI

YouSeeBIGGIRL/T:T : Bongkar Berbagai Persepsi



Pertama-pertama izinkan saya mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H bagi teman-teman yang sedang menjalankannya.

Oke, setelah kemarin saya membuat artikel/ulasan dari lagu Vogel im Kafig, bisa dicek di sini , ternyata ada tiga kesalahan yang berhasil saya tangkap selama penulisan artikel waktu lalu tersebut. 
 
Kesalahan pertama, saya salah menulis judul album untuk Attack on Titan S2 ini. Saya menulis album—pake bold pula gak ada malunya— Attack on Titan Original Soundtrack 2. Padahal yang  seharusnya benar adalah Attack on Titan Season 2 Original Soundtrack.

Kesalaha kedua, saya tidak mengadakan penelitian lebih lanjut tentang lagu yang sempat booming satu bulan lalu itu, yakni lagu Vogel im Kafig Remix Version, yang mana ternyata delapan hari sejak pertama kali saya memposting artikel itu, muncul versi pendek atau bisa dibilang bocoran dari album Attack on Titan Season 2 Original Soundtrack tersebut yang dipublikasikan di situs komersial YouTube. Dan di sana sudah tertulis jelas daftar lagu-lagu yang ada dalam album ini. 


Dan yang lebih mengenaskan lagi adalah lewat akun twitter resminya, Sawano-sensei sudah memberikan bocoran album ini tepatnya pada tanggal 6 Mei 2017 silam—bayangkan saja, saya memposting artikel itu tanggal 11 Mei 2017, saya tidak kepikiran sampai sana untuk stalking twitter beliau. Dan di dalam album ini, sama sekali tidak ada judul lagu Vogel im Kafig. Lalu kemana lagu Vogel im Kafig yang kita tunggu-tunggu? Ini dia bocorannya. 


Nah kesalahan terakhir dan yang paling fatal adalah, saya salah memprediksi siapa penyanyi dari lagu Vogel im Kafig Remix Version ini. Meskipun hanya teori, tapi sangat disayangkan jika teori saya salah.

Oke, setelah mengulas tiga kesalahan dalam artikel sebelumnya itu, mari kita kembali ke judul. Ya, judul sebenarnya dari Vogel im Kafig Remix Version yang saya gaungkan sejak tadi adalah YouSeeBIGGIRL/T:T. Jadi jelas jika kita tidak menemukan judul Vogel im Kafig di dalam list album, karena judulnya sudah berubah menjadi YouSeeBIGGIRL/T:T. Oke, dan siapakah yang menyanyikan lagu maha dahsyat ini? Ya, pemilik suara indah ini sebelumnya sudah menyanyikan lagu untuk Owari no Seraph yang berjudul X.U, dan dia adalah Gemie. Saya sendiri belum menonton serial animenya, itulah mengapa saya tidak sempat menganalisis suara dari Gemie—ini bisa jadi membuat saya salah dalam berteori.

Tepat di tanggal 7 Juni 2017 ini adalah tanggal perilisan dari albumnya, dan sudah banyak sekali netizen yang menunggu dengan sangat sabar album ini keluar—termasuk saya sendiri, dan saya langsung mendownload albumnya sekaligus, tepat di tanggal perilisannya.

Di antara para netizen, banyak yang bertanya-tanya, apa maksud dari judul lagu ini? Ya, Sawano-sensei memang terkenal sekali suka membuat judul lagu yang nyeleneh-nyeleneh, termasuk dalam lagu yang sedang saya bongkar ini. Lagu berdurasi 05:59 ini membuat banyak orang penasaran dengan apa maksud judul lagunya yang berbeda 90o dengan judul lagu Vogel im Kafig. Ketika kita berbicara tentang Vogel im Kafig, maka lagu ini (secara harfiah) memiliki arti Burung dalam Sangkar. Lalu bagaimana dengan YouSeeBIGGIRL/T:T? 


Pertama-tama, mari kita pecahkan dulu makna lagu YouSeeBIGGIRL dulu.

Ini sangat mudah, kita hanya perlu memberikan spasi di setiap katanya, maka akan jadi seperti ini.

You See Big Girl.
Mudah bukan?

Kemudian muncul pertanyaan lagi, kenapa kata BIGGIRL semuanya menggunakan huruf kapital? Ini bisa jadi mempresentasikan kata BIG yang berarti BESAR, yang mana akan melambangkan betapa besarnya perempuan itu, sehingga keseluruhan katanya menggunakan huruf kapital untuk menambah kesan BESAR dalam lagu ini. Dalam Bahasa Indonesia, kita dapat artikan sebagai Kau Melihat Perempuan Besar.

Tapi, siapa sosok perempuan besar yang di maksud dalam lagu ini? Apakah itu Mikasa? Annie? Ymir? Christa? Sasha? Armin?


Ya, ada yang menduga jika sosok perempuan besar dalam lagu ini adalah Female Titan, yang kita sendiri tau jika Female Titan adalah Annie Leonhart. Dia adalah Titan Shifter Perempuan pertama yang muncul dalam serial ini sekaligus Titan Perempuan dengan tinggi 14 meter. Wow, kita sendiri tau jika normalnya Titan rata-rata paling besar memiliki tinggi 15 meter, itu berarti Annie bisa saja menjadi perempuan besar dalam lagu ini.

Tapi, apa benar begitu?


Pendapat berikutnya menyebutkan jika Ymir adalah sosok perempuan besar dalam lagu ini. Saya memang kurang sependapat dengan asumsi jika Annie adalah sosok perempuan besar, karena Annie tidak muncul dalam Season 2 serial animenya, sedangkan lagu ini muncul dalam serial anime Season 2. 

Kemudian, kita masih belum memecahkan maksud T:T dalam lagu ini. Ya, secara lengkap judulnya adalah YouSeeBIGGIRL/T:T. Bisa jadi yang dimaksud T:T di sini adalah Transformation Titan atau Titan vs Titan. Jika kita menilik kembali pada episode di mana pertarungan perdana Ymir sebagai sosok Titan, lagu YouSeeBIGGIRL/T:T pertama kali digaungkan saat pertarungan Ymir, bukan saat pertama kali perwujudan Titan Reiner dan Titan Bertholdt. Apalagi ada tambahan arti T:T yang bisa memperjelas jika Ymir adalah sosok perempuan besar yang dimaksud, di mana dia berubah menjadi Titan (transformation titan) dan melawan banyak Titan sendirian (titan vs titan). Asumsi ini bisa jadi tepat karena alasan-alasan di atas. Kita sendiri tau jika lagu ini pertama kali rilis saat perubahan wujud Ymir menjadi Titan, namun lagu ini justru lebih terkenal saat perubahan wujud kedua pengkhianat kita, (Reiner dan Bertholdt, red) bahkan banyak channel di YouTube yang menggunakan thumbnail wajah mereka. 

Setelah berasumsi Ymir adalah si perempuan besar, nampaknya masih ada saja yang membantah jika perempuan besar yang dimaksud bukanlah Ymir.


Memang masuk akal. Pada akhirnya BGM yang digunakan saat pertarungan perdana Ymir hanya beberapa detik saja, benar-benar bisa dikatakan sangat sangat sebentar. Selain itu, YouSeeBIGGIRL/T:T adalah tranformasi terbaru dari Vogel im Kafig yang melegenda,  di mana lagu Vogel im Kafig pertama kali diperdengarkan di scene episode pertama season pertama saat ibu kandung Eren dimakan oleh Smiling Titan. Jika kita asumsikan perempuan besar secara harfiah, memang berarti perempuan yang bertubuh besar, maka Ymir tidak dapat dikategorikan demikian. Meski dia perempuan paling tinggi di angkatannya, tapi di dalam segi ukuran tubuh Titan Shifter, justru dialah yang paling kecil, yakni hanya setinggi 5 meter.

Jadi, siapakah sosok perempuan besar yang dimaksud dalam lagu ini?


Ya, ini kemungkinan yang cukup benar. Dina Fritz adalah titan yang memakan ibu kandung Eren, itu berarti dia adalah Smiling Titan, jenis titan dengan tubuh yang paling tinggi dan besar, yakni kelas 15 meter. Selain itu, lagu Vogel im Kafig pertama kali diperdengarkan di detik-detik kematian mengenaskan ibu Eren, jadi ada kemungkinan jika perempuan besar yang di maksud adalah Dina Fritz.

Namun, sosok Smiling Titan masih belum terungkap di Season 2 ini. Rasanya sangat tidak masuk akal jika diasumsikan demikian. Jika kita sedikit condong pada Ymir, itu bisa saja menjadi masuk akal karena lagu ini diperdengarkan saat transformasi Titan Ymir (bukan saat kematian ibu Eren, lagipula kematian ibu Eren menggunakan backsound Vogel im Kafig, bukan YouSeeBIGGIRL/T:T. Kita tidak lagi dapat menyamakan kedua lagu ini, judulnya saja sudah sangat berbeda jauh meski liriknya tetap sama).

Terlepas dari teori di atas, bagaimana kalau kita sedikit memutar makna judul lagu ini? Bagaimana jika perempuan besar yang dimaksud bukanlah secara harfiah, melainkan secara tersirat/kiasan? Jika kita menggunakan makna tersirat, maka lagu ini mengisyaratkan bukan tentang perempuan yang memiliki ukuran tubuh besar, melainkan perempuan yang memiliki kekuasaan yang amat besar. 

Siapakah dia?

Salah seorang netizen nampaknya memberi kode siapa perempuan besar yang dimaksud dalam judul lagu ini, dan itu sedikit menggelitik saya karena sepertinya apa yang saya pikirkan sama persis dengan dirinya.


Ini adalah teori dari saya: 

 

Sosok itu bisa jadi adalah Ymir Fritz, perempuan yang melakukan kontrak dengan iblis sehingga memiliki kekuatan maha dahsyat yakni kekuatan titan dan mampu menggerakkan perputaran dunia. Tidak butuh banyak alasan untuk menjelaskan jika kita menilik dalam segi tersirat makna perempuan besar, maka dialah satu-satunya kemungkinan terbesar itu sendiri. Apalagi komentator di atas menyebutkan kata episode terakhir, apakah itu berarti sosok Ymir Fritz akan diperlihatkan di episode terakhir di musim kedua ini? Entahlah, kita lihat saja apa yang terjadi.

Oke, cukup sekian dari saya. Tidak usah memusingkan siapa perempuan besar yang dimaksud dalam lagu ini, cukup nikmati lagunya dan berterimakasihlah pada Sawano-sensei karena beliau sudah ikut andil dalam proyek Attack on Titan Season 2 dan sudah menciptakan lagu yang sungguh sangat epic!

Kamar yang terang,
07 Juni 2017.



[UPDATE! Sabtu,  10 Juni 2017]

Jadi ceritanya saya sudah searching lebih lanjut tentang rahasia dibalik lagu YouSeeBIGGIRL/T:T. Saya menemukan satu teori yang (serius, kali ini) masuk akal dan dapat diterima oleh pikiran kita. Nah ini dia.


Meski terkesan agak memaksa, tapi ini bisa saya terima. Memang, lagu ini diperdengarkan pertama kali saat pertarungan epic Ymir vs Titans dan tidak menutup kemungkinan jika lagu ini dipersembahkan untuk dirinya. Di dalam kamus Sawano-sensei, semua judul lagu bisa disulap menjadi nyeleneh, jadi saya tidak masalah dengan pemaksaan makna judul lagu yang membuat gempar jagad pecinta AniSong ini. Coba saja lihat album OST Aldnoah Zero, itu malah tidak kalah nyeleneh lagi.

Jadi, apakah lagu ini untuk Ymir, ataukah untuk Ymir Fritz yang sesungguhnya?

Sakit leher,
10 Juni 2017.
 
Terima kasih telah membaca artikel tentang YouSeeBIGGIRL/T:T : Bongkar Berbagai Persepsi di blog Ruru Project jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

2 komentar

1. YouSeeBIGGIRL - YouMiruBIGGIRL - YmirBIGGIRL - YmirTitan
2. T:T - Titan:Titan - TitanvsTitan
- Ymir vs Titan
- Reiner+Bertlod vs Eren

YmirTitan/TitanvsTitan

Balas

yup, ada kemungkinan lagu itu merujuk pada Ymir (Scout Legion) :))
terimakasih atas kunjungannya.

Balas